Ini Dia Fitur Baru Bakal Hiasi Ponsel Tahun ini

Lensa Android

ASC Pedia – Persaingan gadget di Tahun 2019 diperkirakan masih akan berkutat seputar pencarian bagaimana memberikan layar dengan bingkai (bezel) tipis pada layar dan perang kamera multi lensa. 

Demi membuat ponsel dengan bingkai tipis, vendor menempuh beragam cara, mulai dari membuat notch di bagian depan layar yang makin kecil, hingga membuat layar ganda di bagian depan dan belakang ponsel seperti halnya Vivo Nex.

Digelarnya teknologi jaringan 5G dan klaim kesiapan industri diperkirakan juga akan memengaruhi arah tren yang bakal menghiasi tahun 2019. Ini Dia 5 fitur yang bakal hiasi ponsel di Tahun 2019.

Foto : Ponsel LG dengan 16 Lensa Kamera
  • Kamera dengan lebih banyak lensa

Penempatan kamera belakang diperkirakan akan makin masif. Setelah Samsung dan Huawei yang mengembangkan ponsel dengan 3 dan 4 lensa di tahun 2018, diperkirakan akan semakin banyak produsen menempuh langkah serupa. 

Kemunculan kamera ganda membuat ponsel bisa memiliki kemampuan pengambilan foto dengan mode latar kabur, foto lensa lebar, monokrom, dan tele dalam satu perangkat yang sama. Beredar rumor kalau Nokia akan mengeluarkan ponsel dengan lima kamera di belakang dan penantian ponsel LG dengan 16 kamera.

Berbanding terbalik dengan tren multi-kamera, Google Pixel justru tak lagi ‘setia’ dengan menggunakan satu lensa saja tapi mulai melirik penggunaan lebih dari satu lensa dengan kegunaan yang hampir tak beda jauh dengan ponsel yang ada.

  • Ponsel 5G

Amerika Serikat, Ingggris, Eropa, Korea Selatan, Jepang, China, dan Australia sejak lama menjanjikan kemunculan teknlogi 5G di 2019. Seiring dengan itu, sejumlah produsen seperti Samsung, Oppo, dan Huawei dikabarkan tengah menyambut era 5G dengan kemunculan perangkat pendukung. Kendati demikian, ponsel 5G tahun depan tak akan meluncur di semua negara, tapi hanya ke negara yang sudah menggelarnya saja.

Baca Juga : Trend Teknologi Tahun Ini

Foto : Vivo V11 Pro
  • Pemindai sidik jari di layar

Kemunculan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang memungkinkan penempatan sensor sidik jari di layar diperkirakan akan memengaruhi populer ponsel di tahun 2019. Pada 2018, Vivo, Oppo, dan Huawei diketahui telah ‘curi start’ dengan lebih dulu menyertakan teknologi ini dalam ponsel mereka.

Foto : Ponsel Samsung Galaxy F yang belum dirilis
  • Ponsel lipat

Konsep ponsel lipat sudah menjadi hit saat pertama diumumkan pada akhir 2018. Google menyatakan akan membuat sistem operasi Android yang lebih ramah terhadap konsep ponsel anyar ini.

Corning turut mengungkan rencana membuat pelapis kaca yang lebih tahan untuk ditekuk-tekuk untuk mendukung ponsel lipat. Beberapa vendor telah mengumumkan kalau mereka akan meluncurkan ponsel lipat tahun depan, seperti Samsung dan Huawei.

  • Lubang di layar

Tren ini sejalan dengan keputusan produsen yang menyingkirkan lubang audio demi membuat ponsel kian tipis. Keputusan itu kemudian menuai keluhan dan kabarnya mulai tahun depan akan muncul ponsel dengan penempatan lubang kamera saja di bagian depan layar dengan bingkai tipis akan makin marak dilakukan. Tren ini diperkirakan akan menggantikan tren “poni” (notch) yang populer di tahun 2018. [ASC]

Apa Komentarmu?

%d bloggers like this: